[REVIEW] Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum — Anti-Aging Pengganti Retinol Untuk Kulit Berjerawat

Hai beauties, long time no see! Setelah beberapa bulan enggak post, akhirnya sekarang aku mencoba untuk post review skincare lagi. Semoga bisa rutin lagi nulisnya huhu. Jujur aku kemarin agak down karena viewsnya sangat turun gara-gara aku ganti domain. Yaa aku tau sih memang views pasti turun kalau ganti domain, aku udah coba sabar tapi tetap kena di hati, jadi sedih gitu huhu :”)) Tapi jangan khawatir, sekarang aku udah legowo, semoga viewsnya bisa balik lagi seperti dulu kala (aamiin).

Oke sekarang aku mau bahas salah satu holygrail aku ketika kulit aku berjerawat dan beruntusan, yaitu Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum. Sebetulnya aku tuh sangat enggak bisa sama yang namanya skincare berbentuk Oil, karena kulit aku sensitif banget, enggak bisa kalau pakai skincare yang terlalu lembap atau terlalu berat teksturnya, dan Oil itu biasanya berat, lama meresap dan greasy. Tapi karena aku cek review orang-orang katanya bagus untuk jerawat dan beruntusan, akhirnya aku beli lah si Somethinc Bakuchiol ini. Ternyata hasilnya bagus, bahkan adik aku juga ikutan suka. Seperti apa hasilnya? Yuk kita bahas :)

Packaging

Seperti biasa, kita mulai dari packaging dulu. Sebetulnya enggak banyak yang bisa dibahas dari packaging, karena packaging serumnya Somethinc itu simple dan bentuknya sama semua. Botolnya doff, dengan pipet warna putih, semua keterangan udah ada di labelnya mulai dari fungsi, cara pakai, ingredients, BPOM, expired date, semua udah lengkap. Yang aku suka dari packagingnya Somethinc adalah enggak menggunakan box, jadi meminimalisir sampah box. Jujur aku lebih suka produk dilapis plastik press gitu aja sih, lebih simpel dan enggak banyak sampah kan jadinya.

Ingredients

Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Caprylic/Capric Triglyceride, Pyrus Malus (Apple) Seed Oil, Calophyllum Inophyllum Seed Oil, Bakuchiol, Salicylic Acid, Tocopherol. 

Texture

Seperti oil pada umumnya, ya bentuknya oil. Minyak. Tapi karena namanya Oil Serum, Somethinc Bakuchiol ini teksturnya lebih ringan dan mudah di blend. Untuk daya serapnya memang agak lama dan enggak bisa terserap semua seperti serum lainnya, masih terasa minyak di kulit wajah, tapi enggak greasy selama pemakaiannya sesuai kebutuhan. Aku sendiri hanya menggunakan 3 drop/tetes, buatku udah sangat cukup untuk seluruh wajahku. Saranku jangan terlalu banyak, sesuaikan dengan kebutuhan wajah kamu. Menurutku 3-4 drop udah cukup banget. Anyway jangan tanya soal wangi ya, karena produknya Somethinc udah enggak ada yang pakai fragrance, jadi oil serum ini enggak wangi, lebih ke bau oil gitu tapi enggak menyengat kok, masih nyaman aja buat dipakai.

Results

Sebelum aku reveal hasilnya, aku mau share claim fungsi dari Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum :

  • Bakuchiol berfungsi sebagai Anti-Aging
  • Memperbaiki skin barrier
  • Memberi nutrisi pada kulit
  • Mengembalikan elastisitas kulit

Bakuchiol sendiri adalah ekstrak biji dari tumbuhan Psoralea Corylifolia atau Babchi. Babchi adalah tumbuhan yang berasal dari India, sering digunakan sebagai alternatif penggunaan retinol pada kulit wajah. Jujur aku enggak setiap hari pakai oil serum ini, aku pakainya tergantung keadaan kulit wajahku aja. Aku pakainya saat kulitku muncul jerawat atau beruntusan. Biasanya aku pakainya di mix sama moisturizer, rasanya lebih nyaman aja di kulit. Aku agak hati-hati karena tekstur oil tuh agak harsh di kulit aku, setiap pakai oil pasti di kulitku tuh terasa agak hangat, sedangkan kulitku sensitif butuhnya yang dingin. Makanya aku lebih nyaman pakainya dicampur sama moisturizer.

Aku udah pakai selama kurang lebih 3 bulan, tapi balik lagi ke yang aku bilang tadi, aku enggak pakai rutin setiap hari. Bisa dilihat di foto before-after ada perubahan beberapa jerawat aku sembuh, bahkan bekas jerawatnya juga memudar, jadi Bakuchiol oil serum ini sangat acne-prone-skin-friendly yaa. Menurutku ini efek dari kandungan Salicylic Acid dan Bakuchiol. Setelah aku baca referensi dari Google, Bakuchiol ini berfungsi untuk anti-aging dan merawat kulit berjerawat. Selain itu Bakuchiol juga berfungsi untuk memperkuat skin barrier. Jadi bisa dilihat juga di foto before-after tekstur kulitku lebih halus, menurutku ini efek dari anti-aging dan meningkatnya skin barrier aku. 

Apa hubungannya skin barrier sama tekstur kulit? Menurut pemahaman yang aku miliki, bisa koreksi ya di komen kalau aku salah. Menurutku skin barrier adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan, kalau skin barrier kita rusak, kulit kita lebih mudah terkena masalah seperti dehidrasi, kusam, kemerahan, jerawat, kulit kering, terkelupas, dan masalah lainnya. Cara meningkatkan kekuatan atau memperbaiki skin barrier gimana? Gunakan skincare yang tepat sesuai permasalahan kulit yang kamu miliki. Contohnya kayak aku nih, kulitku berjerawat dan banyak kerutan *maklum ya udah mau kepala 3* jadi solusinya pakai Bakuchiol karena bisa berguna sebagai anti-aging yang suitable untuk kulit berjerawat.

Secara keseluruhan aku suka banget sama hasilnya, aku merasa perubahan di kulitku lumayan signifikan terutama di bagian tekstur kulitku yang jadi lebih halus, kenyal dan lebih elastis. Aku rekomen banget Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini untuk kamu yang jenis kulitnya sensitif dan acne prone seperti aku, beneran kamu mesti coba! Jujur waktu viral munculnya Retinol aku mau banget coba tapi takut ada efek purging apalagi breakout, dan ternyata ada Bakuchiol ini yang bisa kita gunakan sebagai pengganti Retinol. Happy deh, aku jadi enggak kepo lagi sama Retinol haha.

Oke sekian dulu review dari aku, semoga bermanfaat untuk kamu yang kulitnya berjerawat dan udah mau kepala 3, yang lagi bingung cari anti-aging apa, silahkan dicoba dulu nih Somethinc Bakuchiol-nya :))

See you on my next post!

Love,

Rizka

0 comments